Senin, 01 Maret 2010

Etika berinternet
Belakangan ini mulai muncul beberapa keluhan (dan bahkan kasus) tentang perbuatan yang tidak menyenangkan di Internet. Tanpa bermaksud membuat generalisasi atau menyalahkan siapa-siapa, saya ingin menyoroti masalah ini dari sisi etika. Ketika internet masih kecil dan penggunanya terbatas, ada banyak panduan mengenai tata cara penggunaan internet. Masing teringat oleh saya yang namanya FAQ (Frequently Asked Questions). Apa masih ada FAQ sekarang ini? hi hi hi. Saat ini semakin banyak orang menggunakan internet, tetapi tidak ada panduannya. Asumsinya adalah setiap orang yang menggunakan internet sudah tahu etikanya. Padahal … belum tentu. Bahkan, saya cenderung mengatakan sebagian besar tidak tahu.
Salah satu contoh, penggunaan email. Saya melihat banyak orang yang tidak menghapus bagian email yang tidak penting sebagai bagian dari kutipannya. Kalau dulu, jangankan tidak menghapus bagian yang tidak penting, top posting pun bisa ditegur. (Hayo apa itu “top posting”?)
Internet sebagai media interaktif memberikan kita kemudahan yang sangat besar, tidak perlu lagi kita menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Bahkan dengan internet kita langsung bisa interaksi dengan berbagai orang sekaligus walau kita belum kenal secara visual dan bisa berasal dari mana saja di bumi ini.Internet dikenal sebagai komunitas yang tidak mengenal aturan. Dalam internet semua orang berhak bertindak, berinisiatif, berkreasi apa saja tanpa ada yang melarang dan menentang. Internet bersifat bebas ! Namun meskipun bersifat bebas dan terbuka, ternyata berinternet juga memiliki batasan-batasan yang musti kita perhatikan. Batasan-batasan atau etika tersebut berupa tata tertib berinternet yang sering disebut Nettiquette! Seperti halnya berkomunikasi melalui surat analog atau bertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail butuh etika yang dinamakan Nettiquette (atau Netiket = netter etiket). Bisa dibayangkan, hampir setiap hari ada jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang.
Siapa bilang internet tidak memiliki aturan? Siapa bilang dalam dunia maya kita bebas bertindak tanpa peduli kepentingan orang lain? Sesungguhnya tidak ada kebebasan mutlak di dunia ini. Sekalipun ini adalah dunia tanpa batas, namun seperti halnya interaksi dalam dunia nyata, begitu kita bersinggungan dengan orang lain maka sudah pasti ada aturan main, adab ataupun etika yang harus dipatuhi. Berawal dari keprihatinan terhadap fenomena berinternet yang semakin vulgar dan cenderung melampaui batas, maka saya mencoba menuliskan kembali hal-hal yang patut dijadikan batu pijakan bagi para netter. Istilah yang dikenal sebagai “netiket” atau nettiquette.
Maka jika salah-salah kata, bisa berakibat fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu", atau "betul." Nah, untuk mencegah hal itu terjadi. Tapi juga internet memiliki banyak kelemahan, dalam interaktif perlu membangun suasana yang nyaman bagi lawan interaktif kita. Salah satu kelemahan internet sebagai media interaktif yaitu:
1. Kita tidak tahu kondisi emosi lawan interaktif,
2. Kita tidak tahu karakter lawan interaktif,
3. Kita bisa dengan tidak sengaja menyinggung perasaan seseorang.
Istilah yang dikenal sebagai 'netiket' atau nettiquette. Netiket adalah etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya, di bawah ini khusus untuk berkomunikasi dalam sebuah forum/milis. Tulisan ini diadaptasi dari beberapa sumber dan juga pengalaman pribadi penulis tatkala mengikuti sebuah forum/milis. :
1. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar [kapital] biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda.
2. Kutip Seperlunya
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.
3. Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.
4. Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.
5. Ketika 'Harus' Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT)
Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik (OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu. Tiap milis/forum tentu memiliki peraturan khusus mengenai obyek bahasan yang diperkenankan. Sehingga tatkala anda ingin menyampaikan/meminta sebuah informasi di luar topik yang telah ditentukan, sepatutnya sertakan pula tanda khusus pada kolom subyek e-mail anda agar anggota milis yang lain tidak terkecoh dengan isi e-mail anda. Contohnya, ketika ingin menyampaikan saran untuk BEM:
[OOT] Saran untuk BEM Perguruan Tinggi ASIA.
6. Hindari Personal Attack
Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.
7. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.
8. Dilarang menghina Agama :
Ada beberapa forum dalam Situs ini yang memungkinkan terjadinya debat antar agama, atau debat antara Kristiani sendiri yang berlainan denominasinya. Untuk itu diharapkan agar masing-masing netter tidak menghina nama Tuhan, nama nabi, Kitab Suci, Denominasi dst. untuk membenarkan keyakinannya sendiri.
9. Cara bertanya yang baik :
1. Gunakan bahasa yang sopan.
2. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
3. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
4. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
5. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.
10. Khusus - Netiket di SarapanPagi Biblika :
Dalam SarapanPagi Biblika ini, juga disediakan Forum khusus yaitu FORUM TERBUKA - TANYA-JAWAB, Forum ini bukan sebagai debat antar agama dengan mengkritisi agama lain. Tetapi sebagai diskusi yang baik yang memberikan jawaban-jawaban dan alasan-alasan dari kepercayaan Kristiani. Untuk itu Sahabat-sahabat SP mohon berdiskusi dengan santun penuh kasih dan menjadi tuan rumah yang baik bagi saudara-saudara kita dari kalangan Muslim dan juga kepercayaan lain.
11. Jangan Membicarakan Orang Lain
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan- kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama "Forward", yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.
12. Jangan terlalu banyak mengutip
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja.
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum tersebut menjadi terganggu.
Ini berlaku juga untuk fasilitas reply pada e-mail, terlebih jika anda aktif dalam suatu milis. Ketika anda meng-klik tombol "Reply", umumnya sebagian besar program mailer akan menulis ulang pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam kotak surat anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan ambillah (sebagai kutipan) bagian yang relevan dengan jawaban anda saja. Kutip Seperlunya saja.
13. Menahan diri dari menggunakan huruf berwarna dan gambar/warna background.
Pilihan warna akan mempersulit pemrosesan email, dan bisa mengakibatkan sulit dibaca, sehingga isi yang ingin disampaikan tidak sampai.
15. Jangan gunakan CC (copy carbon)
Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), usahakan atau hindari mencantumkan nama-nama pada baris CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e-mail Anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
16. Jangan gunakan format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program e-mail rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
17. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: "Good." Wah, ini sangat menyebalkan.
18. Sebaiknya untuk efisiensi penggunaan kata, gunakan singkatan yang sudah lazim digunakan
Untuk efisiensi penggunaan kata, frase atau istilah By the Way (= ngomong-ngomong) bisa disingkat menjadi BTW. In My Opinion (=menurut hemat saya) bisa disingkat IMO. Because (=karena) bisa disingkat menjadi 'coz. Penggunaan kata sapa Bahasa Inggris misalnya, kalimat How are you?, bisa diganti menjadi How R U? Kalimat "Menurut hemat saya" bisa diganti menjadi IMHO (In My Humble Opinion) dan sebagainya.
19. Jangan Kirim File (berukuran besar) Melalui Attachment
Peraturan e-mail secara internasional melarang transfer file melalui e-mail, apalagi di dalam milis. Jangan pernah membayangkan, rekan anda atau anggota milis yang lain memiliki mailbox/hard disk yang cukup seperti anda. Pada umumnya penyedia jasa internet (ISP) di Indonesia 'hanya' memberi quota space 2-5 MB. Pengiriman file yang besar, akan membuat proses downloading menjadi lamban, dan ini jelas menambah beban pulsa.
Saat file melebihi kuota, maka proses downloading praktis terganggu. Jika ini terjadi, anda bisa dituduh telah melakukan bomb-mail, yang di dalam dunia internet, dianggap sebagai tindakan kriminal.
Jika memang harus melakukan transfer file, sebaiknya minta izin dulu, bahwa anda akan mengirim file, sekaligus jelaskan besar file-nya. Setelah rekan anda setuju, barulah kirim melalui attachment. Tapi untuk lebih amannya, gunakanlah situs yang khusus menyediakan jasa transfer file ini. Selain praktis, semua rekan anda pun bisa menentukan pilihan, ingin ikut mengunduh atau tidak, tanpa perlu risau e-mailnya terganggu. Toh sudah banyak situs-situs gratisannya.
20. Jujur Dalam Mencantumkan Sumber dan/atau Penulis
Jangan sekali-kali mengakui tulisan orang lain sebagai hasil karya pribadi anda. Walaupun tulisan itu telah anda revisi sedemikian rupa, namun mau tidak mau anda telah mengadaptasi dari milik orang lain. Oleh karenanya, anda harus mencantumkan sumber referensi tersebut. Bila anda mengutip dari sebuah situs, maka cantumkanlah nama/alamat situs tersebut. Begitupun bila situs itu ternyata juga boleh mengutip dari sumber lain yang merupakan penulis aslinya, maka anda harus mencantumkan kedua sumber tersebut, penulis asli dan situs tempat anda mengutip.
21. Bijaklah Ketika Hendak Meng-copy Sebuah Situs
Walaupun sangat mudah untuk mengintip source code sebuah situs, tapi secara etika setidaknya anda komunikasikan terlebih dahulu dengan web master yang bersangkutan. Malah, hal ini justru bisa memberikan keuntungan lebih. Ketika sang web master menyambut baik 'permohonan ijin' anda untuk mempelajari source code-nya dan ada hal yang tidak anda pahami, menjadi sangat mudah untuk bertanya kepadanya.
Penggunaan Offline Browser Tools, seperti HTTRACK atau Teleport juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti:
* Apakah ada ketentuan Copyright?
* Apakah pemilik mengijinkan anda menyalinnya untuk penggunaan pribadi? -> Jangan mengkomersilkan!
* Jangan sampai membebani bandwith server, baik bandwith situs atau bandwith jaringan anda. Lebih-lebih jika anda mengunduh dari tempat umum seperti warnet, maka sebaiknya jangan mengunduh pada waktu-waktu sibuk. Pembebanan bandwith secara berlebihan akan membuat situs down dan mengganggu akses pengguna lain dalam jaringan yang sama dengan anda.
* Jangan mencuri data yang bersifat pribadi seperti e-mail atau data rahasia perusahaan yang memang tidak diperuntukkan konsumsi publik.
22. Menjawab dengan simple dan tidak menimbulkan pertanyaan balik
Banyak orang yang menjawab pada thread tertentu sepotong-potong atau dengan kata-kata bahasa planet sehingga menimbulkan pertanyaan balik sampai-sampai keuar dari topik hanya untuk menanyakan hal baru dari jawabah yang sepenggal atau bahasa planet itu. Saya kira bahasa lebih bijaksana menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan lugas dan yang penting ga mbulet serta tepat ringkas padat berisi yang jelas montok tidak ikut he he he.
23. Jangan pernah memberikan nomor telepon atau personal information orang lain tanpa persetujuan pihak terkait
24. Gunakan Internet untuk mencari informasi yang diperlukan. Gunakan search engine yang tepat
25. Jangan gunakan “Return Receipt” untuk setiap email yang dikirim. Seolah-olah kita ingin tahu apakah mereka membuka email yang kita kirim
26. Setiap orang masih belajar. Internet berubah setiap hari, dan kita semua harus mempelajari perubahan yang ada
27. Kalau menerima “nasty” email, jangan langsung membalas
28. Ingat bahwa email pribadi adalah hak cipta si penulis. Jika ingin memforward email pribadi, sempatkan meminta izin dari penulis
FAKTA UTAMA:
Para anggota forum saling membantu satu dengan lainnya tanpa bayaran. Kebalikannya, justru mereka mengorbankan waktu dan pikiran untuk menolong anda. Buatlah agar mereka merasa tergerak untuk menjawab pertanyaan anda, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.
PERSIAPAN SEBELUM BERTANYA
Coba baca lagi dokumentasi/petunjuk produk tersebut baik-baik.
Coba cari dahulu jawabannya dengan mencari di Internet (Google, dll).
Coba cari jawabannya di arsip milis dari produk tersebut (jangan bertanya atas jawaban yang sudah ada di arsip, karena itu hanya akan membuat orang jengkel kepada anda!).
Dan seterusnya, pada intinya; jangan lupa tunjukkan bahwa anda sudah berusaha untuk memecahkan masalah tersebut. Karena jika anda tidak menyertakan bukti-bukti usaha anda, maka orang lain cenderung melihat anda sebagai pemalas dan tidak merasa tergugah untuk membantu anda.
Kemudian, cari tahu tempat yang tepat untuk menanyakan pertanyaan anda tersebut. Pertanyaan mengenai programming akan cenderung diabaikan, atau malah akan mengundang kecaman, jika diposting di forum mengenai perangkat keras (hardware).
Cross-posting cenderung membuat orang menjadi malas menjawab pertanyaan anda (”Ah, paling forum itu sudah menjawabnya..”). Kalaupun anda merasa betul-betul perlu untuk memposting pertanyaan tersebut ke beberapa forum sekaligus, maka kirimlah sebagai satu buah e-mail untuk setiap forum atau gunakanlah BCC seperti yang sudah kita bahas sebelumnya.
KETIKA BERTANYA
Jangan bertanya langsung ke individu. Bertanya ke forum/milis adalah lebih baik, karena:
Jawaban dari pertanyaan anda tersebut jadi bisa bermanfaat untuk banyak orang.
Jawaban dari pertanyaan anda biasanya akan tersimpan di arsip forum tersebut, sehingga akan terus bermanfaat bagi orang lain (muncul di hasil search Google, dll).
Poin-poin diatas dapat menjadi insentif bagi para pakar/moderator di forum tersebut untuk menjawab pertanyaan anda.
Anggota forum dapat bekerja sama untuk membantu menjawab pertanyaan anda.
Dan, e-mail yang dikirim langsung dari seseorang yang tidak dikenal cenderung membuat penerimanya menjadi merasa terganggu.
CARA BERTANYA YANG BAIK
1. Gunakan bahasa yang sopan.
Jika anda menggunakan kata-kata yang kasar, adalah hal yang aneh jika kemudian anda heran ketika tidak ada yang menjawab pertanyaan anda
Gunakan kata-kata seperti “Apakah ada yang bisa membantu saya?”; “Terima kasih banyak sebelumnya”, de-es-te.
Ingat bahwa mereka tidak menerima bayaran untuk membantu anda, jadi setidaknya jangan lupa mengucapkan terima kasih.
2. Jangan asumsikan bahwa anda berhak mendapatkan jawaban.
Ingat FAKTA UTAMA di atas.
Karena jika anda telah berasumsi begini, maka anda hanya akan kecewa sendiri ketika tidak mendapat jawaban, dan alih-alih berusaha introspeksi, anda malah marah-marah di forum tersebut yang akibatnya semakin diabaikan oleh hadirin lainnya (atau kena caci maki balik).
3. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
Judul e-mail seperti “Tolooongg!!!”, “Ada yang tahu?”, “Betulkah?” cenderung diabaikan, karena memberikan kesan bahwa anda terlalu malas bahkan sekedar memberi judul yang sesuai dengan isi e-mail.
Judul e-mail seperti “Komputer restart sendiri setelah memasang Service Pack 2? akan mempunyai kans/peluang yang lebih besar untuk dijawab.
4. Jelaskan masalah anda secara detil berikut dengan data yang ada.
INGAT bahwa para pakar di forum tersebut tidak bisa mengakses komputer anda, jadi sumber informasi mereka hanya dari tulisan anda saja. Maka buatlah tulisan tersebut selengkap dan sedetail mungkin.
5. Buat agar e-mail anda informatif dan tidak asal panjang lebar.
Sehubungan dengan poin diatas, melampirkan data-data yang tidak relevan sehingga membuat e-mail anda menjadi sangat panjang justru akan membuat para pakar merasa segan untuk menjawab pertanyaan anda.
(”Ya ampun sudah lama-lama download e-mail dia ternyata isinya cuma beginian!?”) Delete!!!
6. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang ceroboh, dan para pakar yang sibuk akan merasa segan untuk meluangkan waktunya bagi anda.
7. Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak lain.
Kalimat seperti “Ada bug di program akunting ini,” tanpa bukti yang kuat akan cenderung membuat para pembuat program tersebut (yang jelas adalah para pakarnya) menjadi tidak tertarik untuk menjawab pertanyaan anda, atau malah tersinggung.
Cukup jelaskan saja bahwa anda menemukan suatu masalah di program tersebut, jangan membuat klaim hal yang tidak bisa anda buktikan.
8. Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan tebakan anda.
Jika anda bukan pakar di bidang tersebut, maka kemungkinan besar tebakan anda salah, atau malah menunjukkan kebodohan anda sendiri di depan umum.
9. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.
Setelah pertanyaan anda terjawab/masalah terselesaikan, kirim satu e-mail/tulisan lagi ke forum yang menjelaskan langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selain akan memberi manfaat serta kemudahan kepada orang lain yang memiliki permasalahan serupa tanpa perlu mengajukan pertanyaan yang sama, ini akan meningkatkan kemungkinan dijawabnya pertanyaan anda berikutnya di forum tersebut, karena para pakar forum akan menilai bahwa anda juga bisa memberi balik/feedback (dan tidak hanya meminta). Umumnya mereka sangat menghargai ini.
MENANGGAPI JAWABAN
Jawaban yang menyelesaikan permasalahan anda tentu perlu dibalas, kecuali untuk mengucapkan terima kasih. Namun bagaimana dengan jawaban:
1. RTFM atau STFW.
Balasan berupa sepatah kata RTFM (Read The Fine Manual) atau STFW (Search The Fine Web) berarti bahwa anda telah melakukan kesalahan yang fatal.
Sebab bisa jadi jawabannya sebetulnya sudah ada di dokumentasi produk tersebut (RTFM), atau di Internet (STFW). Jangan tersinggung, karena ini fakta bahwa anda telah melakukan kesalahan etika.
2. Jika ada yang menjawab dengan kasar, biarkan saja.
Karena yang menurut anda kasar, kadang justru adalah biasa di forum tersebut. Atau ada alasan yang kuat mengapa balasannya seperti itu. Atau mungkin anda sedang emosi sehingga balasan tersebut terasa kasar bagi anda. Dan berbagai kemungkinan lainnya. Yang lebih bijak adalah menenangkan diri anda, dan lalu menjawab balasan tersebut dengan kepala dingin. Jangan malah ikut emosional, timpali dengan memberi data dan fakta saja.
Jika ada jawaban yang tidak berkenan bagi anda, jangan tersinggung dan marah-marah karena:
Kemungkinan anda telah bertanya hal-hal yang memalukan anda sendiri (mengulang-ulang pertanyaan yang telah ada di arsip milis), padahal kebanyakan forum dan milis secara otomatis telah terarsip di grupnya masing-masing, dan ini bisa dilihat oleh semua orang di dunia.
Para pakar di forum tersebut akan mengingat anda sebagai orang yang tidak pantas untuk dibantu di masa depan.
Kutip
“Tindakan anda bertahun-tahun yang lalu dapat memalukan anda selama bertahun-tahun setelahnya.”
Yang lebih baik adalah anda introspeksi diri anda sendiri, apakah ada etika-etika bertanya yang telah anda langgar? Jika rasanya anda telah cukup berhati-hati dan berusaha, namun masih tetap dimaki-maki, berarti memang forum tersebut bukanlah forum yang tepat. Tapi jangan malah dibalas, karena anda sendiri yang akan kena getahnya. Cukup keluar dan cari saja forum lainnya. Dunia tidak selebar daun kelor.
JIKA TIDAK ADA YANG MENJAWAB PERTANYAAN
1. Jangan tersinggung.
Mungkin memang tidak ada yang mengetahui jawabannya. Tidak ada yang tahu jawabannya bukan berarti anda diabaikan, walaupun memang sulit untuk membedakannya (karena sifat komunikasi elektronik yang faceless).
2. Jangan posting ulang pertanyaan anda.
Karena ini hanya akan membuat orang lain di milis tersebut menjadi kesal (”Cerewet sekali orang ini!”). Sebaliknya, carilah jawabannya di forum lain.
CONTOH-CONTOH PERTANYAAN YANG BAIK DAN YANG SALAH
Salah:
Dimana saya bisa temukan program X? -> (ya di Google, dodol!)
Baik:
Saya sudah mencari program X di Google, tapi tidak ada yang relevan/justru ketemu situs-situs mengenai produk Y. Apakah ada yang bisa membantu menunjukkan saya informasi mengenai cara untuk menggunakan fasilitas Z di program X tersebut?
Salah:
Bagaimana cara untuk install Linux? -> (RTFM!!!)
Baik:
Saya sedang meng-install Mandrake versi 9.2, namun saat sedang mendeteksi network card malah jadi hang. Network card saya merk D-link tipe TX530. -> (1. informasi jelas, detail, dan relevan)
Saya sudah coba cari di Google dan http://www.mandrakeuser.org/, namun tidak ada informasi mengenai hal ini. -> (2. penanya jelas sudah berusaha, namun masih belum berhasil juga)
Ada yang tahu bagaimana solusinya?
Salah:
Motherboard saya gak mau hidup, gemana nehhh…??!! -> (Lo mau bayar gue berapa emangnya?!)
Baik:
Komputer saya tidak mau hidup setelah saya pasangi card Radeon 9800XT. Ada bunyi bip 3 kali sewaktu saya menekan tombol power. Sayang tidak ada informasi mengenai bunyi bip ini di buku manual dan websitenya. Motherboard saya merek Epox tipe XXX-321. Ada yang bisa membantu?
Salah:
Ketika anda menghubungi pakar melalui PM:
“Tolong bantu jawab permasalahan saya yang ada di forum donk!” -> (Jangan seenak lo perintah2! Forum tuh punya ratusan thread, ribuan post, masalah mana yang lo maksud?! Emangnya gue mantengin terus tuh forum! Kenal lo juga kagak!)
Baik:
Saya sudah coba jalankan semua instruksi-instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan masalah saya sebagaimana yang ada di thread ini (http://alamatforum.com/thread/post.html), namun sepertinya tidak memberi pengaruh tuh. Kira-kira kekurangannya dimana ya? Atau punya alternatif lain?
Kesimpulannya, jangan pernah malas untuk memanfaatkan fasilitas Google secara maksimal. Sekaranglah saatnya belajar memahami kondisi pada saat anda berada pada posisi sebaliknya, yakni sebagai pihak penjawab.
1. Usahakan untuk memahami situasi penanya.
Stress karena masalah yang sedang dialami dapat membuat penanya menjadi tidak sengaja membuat e-mail yang terbaca kasar/egois. Lebih bijak jika kita memahami, dan membantu mereka.
2. Jawablah sesuai bagian pertanyaan.
Jangan menjawab dua-tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan anda menjawab hanya dalam satu kata: “Good.” Wah, ini sangat menyebalkan. Inilah yang disebut jawaban one liner (pesan satu baris), sesuatu yang dianggap tidak menghargai penanya.
3. Jika tidak tahu, katakan saja tidak tahu!
Beda antara diplomat dengan ilmuwan adalah bila ilmuwan berkata berdasarkan fakta, maka diplomat bicara sesuai selera. Jawaban yang salah namun terkesan canggih justru jauh lebih buruk daripada tidak ada jawaban sama sekali, karena akan menyesatkan si penanya. Dan kemudian akan menjatuhkan reputasi anda sebagai pakar di forum yang bersangkutan.
4. Jangan ejek seseorang karena ketidaktahuannya. Ingat, anda dulu juga pernah bodoh seperti mereka. Jadi jangan sombong!
5. Jika informasi yang ada kurang.
Jangan segan-segan untuk bekerjasama dengan penanya sampai masalahnya terpecahkan. Ingat ‘kan ketika dulu anda masih bodoh, dan orang-orang membantu anda dengan senang hati? Bantuan anda kepada si penanya mudah-mudahan dapat membuatnya menjadi pakar pula di kemudian hari, yang juga senang membantu orang lain yang tidak tahu.
6. Saat memberi jawaban RTFM atau STFW.
Walau memang kadang-kadang pantas untuk dikenakan kepada penanya-penanya tertentu, namun adalah jauh lebih baik jika anda bisa menyertakan link/URL ke website yang relevan. Bahkan terkadang ’sekedar’ memberikan keyword yang tepat untuk dimasukkan di Google sebetulnya adalah bantuan yang sangat berharga bagi sang penanya!
7. Jika ada fasilitas FAQ (Frequently Asked Questions) di forum anda.
Jangan lupa untuk mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul disitu. Para calon penanya akan sangat terbantu karena jawabannya bisa didapatkan dengan cepat, dan anda sendiri juga akan terbantu karena volume pertanyaan menjadi berkurang. Selain itu, disini juga masih terikat dengan ketentuan umum netiket yang pernah kita bahas sebelumnya seperti penggunaan huruf kapital, pengutipan bagian seperlunya atau bahkan perlakuan terhadap private message, dan lain-lain.
Itulah beberapa netiket yang seyogyanya diperhatikan oleh para netter. Demikian, agar NETIKET ini dapat menjadi acuan kita dalam berdiskusi dimanapun forum diskusi internet berada. Saya lebih suka mengatakan bahwa etika berinternet itu tidak tertulis seperti ini karena etika adalah undang-undang tak tertulis seperti di dunia nyata namun tetap saja etika ini perlu diketahui agar dapat bertindak sesuai dengan norma dan etika yang ada. Etika ini akan selalu berubah seiring jaman dan menyesuaikan tempan , sikon, dll. Bersifat dinamis, tulisan di atas tidaklah baku saklek wis pokoke ngono. Lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya. Semoga membantu dan terima kasiah kepada rekan-rekan atas referensi dan perhatiannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar